RSS

Doa Mahatma Gandhi


D O ‘ A

Mahatma Gandhi

Doa telah menyelamatkan hidupku,
Seandainya aku tidak ditolong oleh do’a,
Aku sudah lama jadi gila
Baik dalam hidup pribadi maupun dalam hidup politik,
Aku telah mengalami percobaan yang hampir tak tertahan
Kadang-kadang aku nyaris tenggelam ke dalam kancah putus asa

Hanya karena kekuatan doa
Aku tidak pernah mundur dalam cita-citaku
Dalam perjalanan hidupku
Kepercayaan akan Tuhan semakin tumbuh
Dan kebutuhanku akan doa telah semakin nyata
Tanpa doa, hidupku kosong saja tak menarik

Tiga Guru Agung umat manusia
Yakni Budha, Yesus dan Muhammad
Telah memberi kesaksian yang tak tersangkal
Bahwa cahaya dan inspirasi mereka peroleh dari doa
Jelas pula bahwa tanpa doa
Hidup mereka merupakan sesuatu yang mustahil

Demikian juga
Justru dalam doa
Berjuta-juta umat Hindu, Kristen dan Islam
Telah menemukan sumber penyembuhan dan kekuatan mereka

Ada orang yang berkata
Bahwa mereka semua menipu diri sendiri
Bahwa doa mereka selalu khayalan belaka

Pendapat dan pengalaman lain sekali
Aku bersyukur karena ‘khayalan’ ini
Bahwa itu saja yang memberi arti pada hidupku
Dan membuat hidupku bahagia

Meskipun dalam hidup politik
Aku berulang-ulang kali dihadapkan dengan situasi-situasi
Yang melampaui kemampuanku
Aku tidak pernah, sungguh tidak pernah kehilangan kedamaian hatiku
Banyak orang mengatakan padaku
Bahwa mereka iri hati akan keterntraman hatiku
Hanya doa saja yang dapat menjelaskan…………….

Aku bukan orang terpelajar
Tapi dengan rendah hati aku mengaku diri sebagai ‘man of prayer’
Tak begitu penting cara bagiku anda berdoa
Asal jujur dan otentik
Barang siapa bergaul dengan doa setiap hari
Akan menemukan dimensi baru dalam hidupnya
1 komentar

Posted in

  1. Dody Ide

    Senin, 05 Mei, 2008

    Doa dan usaha itu kayak tebakan duluan mana ayam sama telor. Semua orang hanya bisa menebak lebih dulu mana hurufnya. Tapi tak pernah memaknai bahwa intinya sebenarnya bukan doa atau usahanya. Melainkan kepada siapa kita berdoa dan kepada siapa hasil usaha itu kita persembahkan....

    Dody Ide

    http://padhangjingglang.blogspot.com

Posting Komentar

Ada Komentar ?

By MasKaji. Diberdayakan oleh Blogger.